Lewati navigasi

Latar Belakang
Pengoperasian sistem jaringan transmisi daya listrik kini telah memasuki era baru. Dalam tahapan baru ini, transmisi daya listrik tidak hanya akan menjadi lebih terjamin dan lebih terkendali dalam pengaturannya, tetapi juga akan menjadi lebih efisien dalam pemanfaatannya. Peningkatan pesat ke arah pemanfaatan sistem jaringan transmisi listrik secara optimal ini dimungkinkan dengan keberadaan dan semakin dewasanya aplikasi teknologi di bidang elektronika daya pada khususnya dan teknologi semikonduktor pada umumnya. Teknologi kendali terbaru untuk transmisi daya listrik ini populer dengan sebutan FACTS (flexible AC Transmission System), pada awal pengembangannya teknologi FACTS ditujukan untuk menjawab permasalahan dalam peningkatan kapasitas pengaliran daya listrik pada sistem jaringan transmisi dan juga untuk menyediakan peralatan kendali daya listrik yang terpercaya pada jalur transmisi yang diinginkan.
TCSC sebagai bagian dari teknologi FACTS merupakan teknologi tegangan tinggi yang mampu menjawab kebutuhan teknologi selama ini yaitu memperbaiki kinerja jaringan transmisi tenaga listrik agar lebih efisien dan dengan biaya yang ekonomis. Dengan TCSC kita dapat meningkatkan kapasitas aliran daya tanpa harus membangun jaringan transmisi baru maupun dengan meningkatkan pembangkitan tenaga listrik di sisi pembangkit, karena kedua hal tersebut membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit.
TCSC berfungsi sebagai pengendali impedansi dari jaringan transmisi. Seperti diketahui, impedansi sepanjang jaringan transmisi umumnya bersifat induktif sedangkan yang bersifat resistif hanya berkisar 5 sampai 10 persen. Ini berarti akan terasa sangat besar manfaatnya apabila kita mampu mengendalikan impedansi transmisi yang bersifat induktif pada kondisi stabil (steady state impendance).

One Comment

    • illaramuddin
    • Posted Maret 30, 2011 at 10:27 am
    • Permalink

    Pak, boleh tidak journal ini tolong dikirim ke alamat e-mail saya,,, soal nya saya butuh ini untuk tugas Transmisi dan Gardu Induk. Thanks


Tinggalkan komentar