Skip navigation

ABSTRAK

Perkembangan teknologi dewasa ini juga mempengaruhi dunia kelistrikan, dimana telah diciptakan teknologi – teknologi baru untuk menunjang kemajuan transmisi tenaga listrik. Teknologi tersebut adalah FACTS (Flexible AC Transmission System). Pada dasarnya, FACTS adalah kumpulan peralatan yang dibuat dari komponen elektronik solid state untuk pengaturan atau pengendalian transmisi daya listrik secara fleksible. Teknologi FACTS ini mampu menjawab beberapa permasalahan transmisi daya listrik antara lain : peningkatan kapasitas saluran transmisi, persoalan daya reaktif yang dapat mengakibatkan kelebihan beban dan voltage sags, sub synchronus resonance (SSR), serta efisiensi pembangkitan dalam hal ini generation reserve margin.
Salah satu bagian dari teknologi FACTS adalah TCSC ( Thyristor Controlled Series Capacitor).TCSC dirancang untuk mengontrol impedansi saluran transmisi. Dari hasil pengujian dengan Etap Powerstation 4.0.0C didapatkan bahwa dengan pemasangan TCSC pada saluran transmisi dapat meningkatkan kuantitas aliran daya pada saluran tersebut, mampu mengurangi rugi – rugi daya reaktif saluran transmisi yang dipasang, semakin banyak pemasangan TCSC maka didapatkan rugi – rugi daya reaktif yang semakin kecil. Disamping itu pemasangan TCSC juga mampu mengurangi drop tegangan sampai 1% pada saluran yang dipasang dan sampai 0,2% pada saluran yang berdekatan, pengurangan drop tegangan ini mampu meningkatkan nilai tegangan bus saluran sebesar 0,0147% untuk pemasangan 1 TCSC dan 0,026% untuk pemasangan 3 dan 5 TCSC.
Dengan pemasangan TCSC ini dapat meningkatkan kapasitas saluran transmisi sampai mendekati batasan panas dari saluran tersebut. Disamping itu dengan pemasangan TCSC dapat mengurangi rugi – rugi daya reaktif saluran transmisi dan mengurangi drop tegangan sehingga profil tegangan menjadi lebih baik.

12 Comments

    • ajun
    • Posted Januari 18, 2009 at 5:53 pm
    • Permalink

    pak kalo aplikasi tcsc bisa ngk diterapkan pada sistem 20 kv

    secara teknis bisa saja namun dampaknya tidak terlalu signifikan

    • icik
    • Posted Januari 24, 2009 at 12:15 pm
    • Permalink

    pak, skripsi saya tntg minimalisasi rugi-rugi daya pake TCSC tapi pake simulasi MATLAB.bisa g saya minta jurnal yang pake ETAP

    • rahmad farizal
    • Posted Mei 12, 2009 at 6:33 pm
    • Permalink

    pak, saya skripsi saya tentang penempatan upfc pada sistem transmisi tenaga listrik.. pakek simulasi PSCAD 4.2.0
    saya mohon, kalau ada bahan tentang itu, atau jurnalnya.tolong dikirimkan ke email saya..
    thank’s ya…

    • sonny
    • Posted Juli 6, 2009 at 12:54 am
    • Permalink

    pak, saya minta tolong di kirimin jurnal mengenai rugi2 saluran pada jalur transmisi dengan compensator menggunakan teknologi terbaru seperti SVC, FACTS, dll yang belum umum digunakan khususnya di indonesia.
    email saya : sonny_bpp@yahoo.com

    terima kasih

  1. pak, saya skripsi saya tentang penempatan upfc pada sistem transmisi tenaga listrik.. pakek simulasi MATLAB 7.0.4 dan PSCAD 4.2.0
    saya mohon, kalau ada bahan tentang itu, atau jurnalnya.tolong dikirimkan ke email saya..
    Trima Kasih …

    • rahmad farizal
    • Posted Juli 14, 2009 at 4:32 pm
    • Permalink

    pak, kalau penempatan UPFC nya pada bus berdasarkan tegangan yang paling rendah dari sistem, bisa ga ya? karena TGA saya menggunakan sistem jaringan 9 bus.

    ada referensinya ga penempatan UPFC pada bus yang memiliki tegangan yang rendah??

    • joaozito Morais
    • Posted September 6, 2009 at 4:19 pm
    • Permalink

    pak, skripsi saya mengunakan TCSC dan STATCOM mengunakan simulasi PSCAD4.2 Kalau Ada jurnal tolong kirim lewat email saya……..Tolong

    • Muhammad Faisal
    • Posted Maret 10, 2010 at 10:21 am
    • Permalink

    pak, skripsi saya mggunakan pscad, tapi programnya saya ga jalan, sisa smester saya yg terakhir thn ini. tolong solusi kira2 judul skripsi yg tidak rumit,, saya sudah patah semangat,, tolong pak,, terimakasih

    • anggih
    • Posted Mei 18, 2010 at 10:39 am
    • Permalink

    maaf pak mengganggu, saya mw tanya untuk cari buku tentang facts yg bhs indonesia dmn y??? untuk kelancaran TA saya. mohon pak bantuannya….

  2. pak data tentang TCSC dan FACTS gk ada lgi??????

    • Fitria
    • Posted Juli 15, 2013 at 6:35 am
    • Permalink

    pak maaf mengganggu mau tanya kalo memperbaiki tegangan dan mengurangi rugi daya dengan penggabungan svc dan tcsc gimana?da referensi2 buku ato yang lain yg berkaitan tentang itu tp menggunakan bhsa indonesia?

    • Fitria
    • Posted Juli 15, 2013 at 6:36 am
    • Permalink

    mohon sangat bantuannya…


Tinggalkan Balasan

