Skip navigation

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden AS George W Bush melakukan komunikasi melalui telepon membicarakan rencana pertemuan pemimpin negara anggota kelompok G20.

Juru Bicara Kepresidenan Hubungan Luar Negeri Dino Pati Djalal di Beijing, Kamis (23/10), menjelaskan, dalam hubungan telepon dua hari lalu itu, Presiden Bush menanyakan pandangan Indonesia mengenai situasi krisis keuangan dunia yang melanda dunia.

“Presiden Bush bertanya kalau ada pertemuan pemimpin-pemimpin dunia sebaiknya dalam format apa dan siapa yang diundang,” tutur Dino. Menanggapi pertanyaan Bush tersebut, ujar Dino, Presiden Yudhoyono menjawab perlu dilakukan pertemuan pemimpin-pemimpin negara G20 dalam waktu dekat.

Pertimbangan tersebut, kata Dino, didasari oleh keterwakilan yang seimbang antara negara-negara maju dan berkembang serta keseimbangan keterwakilan wilayah di dalam formasi kelompok G20.

“Presiden Yudhoyono juga mengatakan, pertemuan sebaiknya dilakukan dalam waktu yang tak lama, lebih cepat lebih baik karena itu juga yang diharapkan oleh stakeholders ekonomi dunia,” ujar Dino.

Sebelum melakukan hubungan telepon dengan Presiden Bush, Dino menjelaskan, Presiden Yudhoyono juga melakukan komunikasi dengan PM Australia Kevin Rudd membicarakan hal yang sama. Pertemuan pemimpin negara kelompok G20 akhirnya diumumkan akan dilaksanakan pada 15 November 2008 di AS.

“Jadi, akan ada KTT G20 yang dihadiri oleh para pemimpin dunia dan mudah-mudahan akan jadi salah satu respon yang baik dan efektif untuk menanggulangi krisis finansial,” kata Dino.

Dino mengakui telah ada kesepakatan antara Indonesia dan Gedung Putih untuk mengembargo berita komunikasi telepon antara Presiden Yudhoyono dan Presiden Bush pada dua hari lalu. Berita komunikasi telepon itu baru boleh dipublikasikan setelah pengumuman resmi pelaksanaan KTT G20 yang akan dilaksanakan pada 15 November 2008

Perspektif Si Bolang

  1. Kalo emang bener BUSH nelpon SBY,  Paling-paling Mr. Bush minta agar Indonesia ( sebagai negara penghasil minyak yang bukan member OPEC ) nantinya jangan ikut2an mengurangi produksi minyak seperti yang akan dilakukan negara-negara anggota OPEC. Kalo minyak tetap anjlog kan dollar bertahan dan ekonomi amerika mendingan.
  2. Kalau emang BUSH mengakui eksistensi bangsa ini, kenapa sebelum BUSH menginfasi afganistan dan irak, kenapa BUSH tidak berkonsultasi dengan SBY terlebih dahulu.
  3. Atau mungkin BUSH lagi berada pada posisi ragu – ragu, sehigga BUSH bertanya pada sang peragu
  4. Atau mungkin cuma talking2 only  — Hello mister… Talking – talking  you know david bekham.. say hello from susilo ya (mirip iklan seluler)

2 Comments

    • ahmad
    • Posted Oktober 25, 2008 at 9:02 pm
    • Permalink

    Perspektif bolang ya
    kalo menurut perspektif saya sih SBY udah nggak cocok jadi presiden indonesia ke depan
    karena SBY udah gagal membawa negeri ini menjdi lebih baik..
    lihat saja pas sebagian besar pemimpin dunia sedang mikirin dampak ekonomi global, SBY malah enak2an nonton bioskop..

    • agus
    • Posted Oktober 27, 2008 at 5:19 pm
    • Permalink

    say hi from agus ya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: